Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Kamis, 28 Desember 2017

MENJADI GURU KREATIF LEWAT DOGMIT (DIKLAT ONLINE GURU MELEK IT)

Tanpa terasa  4 tahun sudah saya mengenal DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) lewat seorang  teman guru. Selama 4 tahun tersebut saya selalu terdaftar sebagai peserta Diklat online Guru Melek IT.  Mungkin disebabkan karena sebagai seorang guru yang ingin terus dan terus belajar untuk meningkatkan kompetensi dan sadar akan kebutuhan guru abad 21 yang harus  menguasai IT dalam menjalankan tugasnya sehingga hati selalu tergerak untuk mendaftar dan belajar di DOGMIT.
Keprofesionalan guru di abad 21 semakin dituntut untuk menghadapi era globalisasi. Persaingan semakin ketat , teknologi semakin canggih, kebutuhan siswa semakin meningkat sehingga guru-guru di Indonesia harus selalu mengupgrade  ilmunya.  Peran guru dalam menyiapkan generasi-generasi muda yang tangguh, mandiri, kreatif dan berakhalak merupakan tantangan besar yang harus dijawab.
Bagaimana menjawab tantangan besar tersebut?  Salah satunya adalah dengan  bergabung dan ikut belajar di DOGMIT.
Apa itu DOGMIT?
Apa itu DOGMIT? DOGMIT  adalah singkatan dari Diklat Online Guru Melek IT yang merupakan suatu wadah atau tempat pelatihan online bagi guru-guru di Indonesia yang ingin selalu menambah atau mengembangkan kompetensinya, utamanya dalam bidang IT. Trainer DOGMIT yaitu Pak Sukani, beliau merupakan guru Matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Selain sebagai seorang trainer, beliau juga seorang motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. 
Segudang prestasi Pak Sukani,  antara lain: peringkat 1 Wali Kelas Favorit di SMK Bunda Kandung pada tahun 2010/2011, peringkat 1 dalam Diklat Matematika Berbasis ICT di PPPPTK BMTI Bandung tahun 2010, TIM pembuat Naskah  Soal Tes Kendali Mutu (TKM) Matematika untuk SMK di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan maupun di lingkungan Provinsi DKI Jakarta,  juara lomba menulis di Guru Era Baru (GURARU) pada tahun 2013, terpilih menjadi Guru Seru bulan Juli 2013 di GURARU, Peringkat 1 Guru Berprestasi SMK Bakti Idhata pada tahun 2013, Juara 1 Acer Guru Era Baru (GURARU) Award tahun 2013 tingkat, Nara sumber pembuatan bahan ajar ICT materi Digibook tahun 2013, Narasumber pembuatan bahan ajar ICT materi Animasi Crazy Talk Animator tahun 2013, Narasumber pembuatan E-Learning dengan Edu20 tahun 2013. Untuk lebih mengetahui tentang DOGMIT,  dapat membuka alamat website: https://trainergurumelekit.wordpress.com/category/dogmit/

Apa Kelebihan DOGMIT?
Untuk mengikuti suatu pelatihan tentu saja kita melihat dulu kelebihan-kelebihan apa yang ditawarkan oleh pelatihan tersebut agar dapat menarik hati kita untuk ikut bergabung. Nah…DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) memeliki beberapa kelebihan-kelebihan, antara lain:
·      Tidak ribet.  Kita  tidak  perlu  capek  keluar  rumah  menuju  tempat  pelatihan  tersebut, hanya berbekal laptop dan kuota internet kita sudah dapat mengikuti pelatihan.
·      Disiapkan  software   sesuai    dengan    materi   yang   akan    dipelajari. Peserta  diklat cukup mendownload software yang kita butuhkan  untuk menunjang proses pembelajaran.
·      Materi yang diberikan mengikuti perkembangan jaman (up to date).
·      Materi  mudah  dipelajari  dan  dipahami  karena  tersedia dalam bentuk format pdf dan video.
·      Peserta dilatih untuk menulis artikel di kompasianan atau blog pribadi.
·      Waktu  belajar  dapat  diatur  sesuai  dengan  waktu   kita  yang    lowong   jadi   tidak mengganggu aktivitas kita sebagai seorang pengajar.
·      Terdapat    sarana/tempat     diskusi   jika   mengalami     kesulitan     atau     hambatan-hambatan dalam menjalani pelatihan.
·      Produk/hasil  pelatihan  dapat  langsung  digunakan  pada saat proses pembelajaran di kelas.
·      Menjalin   silaturahmi   antar  guru-guru  yang   ada  di    Indonesia  mulai   dari  Sabang sampai Merauke.

Apa hebatnya DOGMIT?
Sejak awal mengikuti Diklat Online Guru Melek IT pada tahun 2014 sampai sekarang, sangat banyak manfaat yang saya dapatkan, antara lain:
·         Mampu  membuat  media  pembelajaran interaktif  sehingga  siswa  leih  tertarik   dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.


·         Membuat karya ilmiah yang diterbitkan di kompasiana atau blog pribadi
·         Membuat buku  tutorial  berbekal  ilmu dari  DOGMIT dan bimbingan dari coach SAGUSAKU IGI. Buku yang diterbitkan ini adalah buku pertama yang saya buat.
·         Dapat  membimbing  teman-teman  guru  baik  di  sekolah   maupun  d i MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dalam pembuatan media pembelajaran interaktif.
·         Membimbing siswa dalam pembuatan laporan interaktif.


Ayo teman-teman guru di Indonesia tunggu apalagi… jangan sampai ketinggalan, ikutlah bergabung bersama guru-guru kreatif yang ada di DOGMIT.. Mari bersama-sama  meningkatkan kompetensi kita untuk mencetak generasi-generasi emas. 


Watampone, 29 Desember 2017
Peserta Diklat Online Guru Melek IT Batch 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar