Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Jumat, 08 Oktober 2010

JARINGAN KOMPUTER (BAB II)

A. PENGERTIAN JARINGAN

Jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung dan berkomunikasi dan memungkinkan terjadinya pemakaian sumber daya yang ada secara bersama-sama. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau file, software maupun hardware. Tiap titik-titik yang saling terhubung dengan jaringan disebut dengan node, contohnya komputer, printer, hub, switch, dan lain-lain. Sedangkan jalur atau media yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara node-node dinamakan link, contohnya kabel, satelit, dan gelombang radio.
Dengan adanya sistem jaringan komputer, banyak manfaat yang dapat kita peroleh antara lain:
  1. Antar pengguna komputer dapat saling berkumonikasi antara satu dengan lainnya.
  2. Antar pengguna komputer dapat saling berbagi atau sharing, baik berbagi data, software maupun hardware
  3. Antar pengguna komputer bisa bekerja sama dalam melakukan pekerjaan
  4. Keamanan data terjamin karena jika kita kehilangan data maka kita masih dapat menggunakan data yang ada dikomputer lainnya
B. JENIS-JENIS JARINGAN
Jenis-jenis jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:
1. Jaringan Berdasarkan Jangkauannya, antara lain:
a. LAN (Local Area Networking)
LAN atau Local Area Networking adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya yang mencakup area terbatas, seperti dalam satu ruang, satu gedung.

b. MAN (Metropolitan Area Networking)
MAN atau Metropolitan Area Network, pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja jangkauan wilayahnya lebih luas dibandingkan LAN dan biasanya menghubungkan dua atau beberapa LAN yang berdekatan. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama. Jaringan ini umumnya menggunakan gelombang radio.

c. WAN (Wide Area Networking)
WAN atau Widw Area Networking adalah suatu jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antar kota, provinsi, negara bahkan antar benua. WAN biasanya dihubungkan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dengan bantuan satelit.

2. Jaringan berdasarkan topologinya
Topologi adalah cara yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Berdasarkan topologinya jaringan dapat dibedakan, antara lain:
a. Topologi star (bintang)
Pada topologi star antara komputer yang satu dengan yang lainnya berkomunikasi langsung melalui central (pusat). Central ini bisa berupa hub atau komputer. Lalu lintas data dikirim dari satu komputer lalu melewati sentral kemudian diteruskan ke komputer lainnya.

b. Topologi ring (cincin)
Pada topologi ring (cincin) cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya dihubungkan sedemikian rupa sehingga membentuk lingkaran tertutup. Antara komputer client satu dengan yang lainnya mempunyai tingkatan yang sama. Setiap data yang diterima oleh cleint akan diperiksa alamatnya apakah data tersebut alamatnya cocok atau tidak. Jika benar maka data akan diproses tapi jika tidak maka akan diteruskan keclient lainnya.

c. Topologi Bus
Pada topologi bus semua komputer dihubungkan dengan menggunakan satu jalur kabel sebagai media transmisinya. Jika seorang pengguna komputer mengirimkan pesan ke komputer lain maka pesan tersebut ditransmisikan lewat kabel tersebut.

d. Topologi Tree (Pohon)
Topologi pohon merupakan pengembangan dari topologi bintang, dimana salah satu simpul menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada dibawahnya.

3. Jaringan berdasarkan media transmisinya
Berdasarkan media transmisinya maka jaringan komputer dibedakan atas:

  • Jaringan kabel (wireline Network) Jaringan kabel merupakan jaringan yang menggunakan media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada pada jaringan tersebut.
  • Jaringan tanpa kabel (wireless Network). Jaringan tanpa kabel merupakan jaringan yang menggunakan gelombang radio ataupun gelombang elektromagnetik untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk saling terhubung. Biasanya jaringan ini menggunakan bantuan satelit.
C. BERBAGAI CARA MENGHUBUNGKAN KOMPUTER KE INTERNET
Untuk menghubungkan komputer kita ke internet dapat dilakukan berbagai cara, antara lain:
1. Melalui jaringan
Salah satu cara yang digunakan untuk menghubungkan komputer kita ke internet adalah melalui jaringan. Cara ini banyak digunakan di warnet-warnet, sekolah-sekolah atau perusahaan-perusahaan. Sebuah komputer yang dijadikan server dihubungkan keinternet kemudian kumputer lain dalam jaringan tersebut dihubungkan ke server. Sistem jaringan ini memiliki keuntungan yaitu biaya akses yang ditanggung lebih murah karena biaya akses terbagi kekomputer lainnya.

2. Melalui saluran telpon langsung (Dial Up)
Cara termudah untuk menghubungkan komputer ke internet adalah dengan menggunakan kabel telepon atau dial up. Dimana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon lalu kita langsung bisa terhubung ke internet. Kelebihan akses dengan menggunakan kabel telpon adalah memiliki jaringan yang luas. Kecepatan akses dengan menggunakan dial up dapat mencapai 56 kbps.

3. Menggunakan GPRS
General Packet Radio Service atau GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak. Komunikasi data dan suara dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS mempunyai kecepatan transfer data yang cepat yaitu dapat mencapai 115 kbps walaupun dalam prakteknya kecepatan transfer masih berada pada 25 – 30 kbps.
Teknologi GPRS memungkinkan kita mengakses internet dari mana saja yang penting kita memiliki telepon seluler yang dilengkapi fasilitas GPRS dan sebuah SIM card yang menyediakan jasa layanan GPRS. Kelemahan GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet kita harus melakukan setting tertentu pada telpon seluler kita. Setiap merek handphone dan operator telepon seluler mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengaktifkan fasilitas GPRSnya.

4. Menggunakan TV kabel
Kelebihan mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan sibuknya saluran telpon. Bila kita mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:
  • Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
  • Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan program aplikasi yang digunakan untuk berinternet
  • Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV kabel
. Melalui Wifi (wireles fidelity)
Wifi atau wireless fidelity adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekwensi tinggi (2,4 GHz). Kita dapat terhubung dengan WIFI menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu wifi (wifi card).
Wifi mempunyai kecepatan akses internet sampai kecepatan 11 Mbps. Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan Wifi tapi kita harus berada pada daerah yang memiliki sinyal Wifi. Daerah yang memiliki sinyal Wifi adalah daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses. Daerah yang mempunyai sinyal wifi disebut hotspot.

6. 3 G (third-generation technology)
Layanan 3 G (baca tri ji) dapat diperoleh melalui operator GSM (Global System for Mobile Communication) maupun CDMA((Code Division Multiple Access). Teknologi tersebut merupakan evolusi dari teknologi GSM yang kemudian berkembang menjadi GPRS. Kelebihan dari akses internet menggunakan 3 G, selain bandwidth yang lebar, juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces). Teknologi ini memungkinkan akses internet mencapai 2,6 Mbps atau 40 kali lebih cepat dari akses internet menggunakan dial-up.
Kelemahan teknologi 3 G adalah hanya bisa menggunakan sebatas daerah jangkauan operator penyedia layanan.


Sumber:
  1. Akbar,Ali, 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 3, Bandung. Penerbit M2S Bandung.
  2. Hartati,Tuti., Sussi. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Penerbit: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta
  3. Kuswayatno,Lia, et all, 2007. Mahir Berkomputer. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas IX. Penerbit: Grafindo Media Pratama
  4. Mashadi, et all, 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Semarang: Aneka Ilmu
  5. Pandia,Henry, 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas IX. Penerbit Erlangga.
  6. Setiawan,Adi.,Anwar,cecep. Teknologi Informasi dan Komunikais untuk SMP/Mts Kelas IX. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan , Jakarta
  7. Wahyudi, Doni., Ayustina Ade, 2010. Teknologi Informasi dan Komunikais untuk SMP/Mts Kelas IX. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan , Jakarta


1 komentar:

  1. makasih yah bu...
    telah memberikan kpd sy,, wawasan yg bru mengenai Jaringan Komputer :)

    BalasHapus