Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Kamis, 03 Desember 2009

INTERNET DAN INTRANET (BAB I)

1. Internet

Internet (interconnected Networking) adalah kumpulan dua komputer atau lebih diseluruh dunia yang saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan. Jadi internet merupakan sistem komunikasi global yang menghubungan komputer-komputer di seluruh dunia.
Internet pada awalnya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advenced Research Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advenced Research Project Agency Networking). Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4 tempat antara lain:
 UCLA (University of California Los Angeles)
 UCSB (University of California Santa Barbara)
 University of Utah
 SRI (Stanford Research Institute)

Untuk melihat lebih jelas perkembangan internet dapat kita lihat pada data berikut:

PERKEMBANGAN INTERNET
  • 1972. Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANet dengan memperkenalkan ikon @ sebagai lambang penting yang berarti “at”
  • 1973. Jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Aerikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar Amerika Serikat yang terhubung pada jaringan ARPANet
  • 1977. Komputer yang tergabung dengan jaringan ARPANet sudah lebih dari 100 komputer
  • 1979. Tom Truscott, Stave Bellovin dan Jim Ellis membuat newsgroups pertama yang diberi nama USENet
  • 1981. France Telecom berhasil membuat telepon televisi pertama yang memungkinkan orang dapat saling menelpon sambil melihat lawan bicara melalui layar televisi
  • 1982. Protocol standart internet TCP/IP (Tranmission Control Protocol/Internet Protocol) mulai digunakan sebagai sebuah protokol resmi yang diakui oleh sebuah jaringan
  • 1984..Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian alamat di jaringan komputer. Sementara ditahun yang sama, jumlah komputer yang terhubung dengan ARPANet sudah 1.000 komputer lebih
  • 1986. NSFNET (National Sience Foundation Network) dibangun dengan kecepatan backbone 56 Kbps. Banyak jaringan internasional mulai dibangun di beberapa negara dan dihubungkan ke NSFNET.
  • 1987. Jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih
  • 1988. Jarko Oikarinen membuat dan memperkenalkan program IRC (Internet Relay Chat), yaitu program untuk chatting
  • 1989. Jumlah komputer yang terhubung ke jaringan melonjak 10 kali lipat. Lebih dari 100.000 komputer telah membentuk sebuah jaringan
  • 1990. Timothy Berbers Lee seorang ahli komputer dari Inggris menciptakan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan. Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web)
  • 1990. DoD (Departement of Defence) membubarkan ARPANet
  • 1992. Komputer yang saling terhubung membentuk jaringan sudah melampaui 1.000.000 komputer lebih, dan tahun yang sama muncul istilah surfing the internet
  • 1993. NSFNET membuat InterNIC untuk menjalankan internet service seperti melayani pendaftaran nama domain
  • 1994. Pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Pizza Hut on-line merupakan contoh pertama dari aplikasi tersebut. Ditahun yang sama Yahoo didirikan.
  • 2001. Internet mendapatkan QOS (Quality of Service) untuk suara dan video. Seiring dengan berjalannya waktu, layanan kualitas dan keamanan internet terus ditingkatkan sampai sekarang
Perkembangan penggunaan internet di Indonesia pada tahun 1995 pengguna sudah mencapai 10.000 orang. Jumlah ini meningkat 10 kali lipat pada tahun 1997. Tahun 2000 jumlah pengguna internet di Indonesia menurut data lembaga survey eTForcasts, sebesar 2.000.000 orang. Jumlah tersebut meningkat pada tahun berikutnya, menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2001 pengguna internet di Indonesia mencapai 2,4 juta orang. Tahun 2004 penguna internet sudah mencapai 4,2 juta orang

Berikut ini beberapa keuntungan atau kegunaan yang dapat diperoleh melalui internet:

  1. Media atau sarana untuk mendapatkan informasi secara cepat dan murah
  2. Media untuk melakukan promosi dan penawaran produk bagi perusahaan-perusahaan
  3. Media komunikasi interaktif antar pengguna internet
  4. Media untuk membantu proses belajar mengajar dalam jarak jauh
  5. Sarana untuk penelitian dan pengembangan, pertukaran data antar pengguna
  6. dll
Selain keuntungan yang dapat diperoleh dari internet, terdapat juga kelemahan-kelemahannya, antara lain:
  1.  Mudah terjadi penyebaran virus
  2. Penyebaran gambar-gambat tidak senonoh (fornografi)
  3. Penipuan menggunakan kartu kredit orang lain (carding)
  4. Terjadi penyusupan dan pencurian informasi penting (cracker)
  5. dll
2. Intranet
Intranet merupakan jaringan komputer internal dalam sebuah perusahaan atau institusi yang memungkinkan karyawan mengakses data atau sumber daya dari perusahaan atau institusi tersebut. Media penghubung intranet ada yang menggunakan kabel dan komputer server. Komputer server berfungsi melayani komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut. Jaringan komputer yang termasuk dalam intranet adalah LAN (Local Area Networking) dan MAN (Metropolitan Area Networking).
Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya intranet:
  1. Membantu karyawan/anggota mendapatkan informasi secara cepat
  2. Dapat berkomunikasi secara efektif antara karyawan atau antara pimpinan dan bawahan
  3. Menjamin keseragaman informasi yang diperoleh antar karyawan
  4. Memungkinkan data-data perusahaan untuk diakses dengan mudah
Berikut beberapa kelemahan dengan adanyai intranet:
  1. Bebasnya pengiriman pesan antar anggota sehingga dapat menimbulkan overload (data penuh)
  2. Informasi yang tidak sesuai atau salah dapat beredar dalam perusahaan
  3. Keamanan data dalam perusahaan kurang terjamin
B. HAL-HAL YANG DAPAT DILAKUKAN DALAM INTERNET
1. Browsing/Surfing
Browsing atau surfing adalah menjelajah di situs-situs@ internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data. Informasi yang dapat diperoleh diinternet seperti politik, ekonomi, sosia, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dll.
2. Searching
Searching adalah kegiatan untuk mencari atau memperoleh informasi yang kita inginkan menggunakan bantuan mesin pencari (Search engine).
3. E-mail (Electronik Mail)
E-mail adalah cara untuk saling bertukar pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lain. Dengan E-mail kita juga dapat mengirim file atau dokumen, gambar dll. Email merupakan alat komunikasi yang cepat dan murah, dimana kita dapat mengirim surat ke seluruh dunia dalam waktu yang singkat.
4. Chatting
Chatting dapat diartikan mengobrol atau bercakap-cakap, yaitu salah satu cara untuk berkomunikasi antar pengguna komputer melalui sebuah tempat pertemuan virtual (maya). Setiap pengguna internet di seluruh penjuru dunia dapat saling bercakap-cakap secara langsung dengan mengetikkan pesan menggunakan keyboard komputer.
5. Download dan upload
Download adalah proses mengambil file dari komputer lain atau internet untuk digunakan atau disimpan di komputer kita. Sedangkan Up load adalah proses mengirim file dari komputer kita ke komputer lain atau internet

C. BERBAGAI APLIKASI INTERNET
Aplikasi internet saat ini banyak dan terus berkembang seiring dengan dengan berkembangnya teknologi. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, beberapa yang sering digunakan orang antara lain:

  1. Word Wide Web (WWW). Word Wide Web merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Ini disebabkan karena aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mencari data atau informasi secara cepat. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen Web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML)@. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, audio dan video.
  2. Electronik Mail. E-mail atau surat electronik adalah aplikasi untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Dengan E-mail kita dapat mengirimkan file dokumen, gambar dan sebagainya. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.
  3. Mailing List (Milis). Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi antar sesama kelompok. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan diteruskan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota.
  4. Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan atau ketertrikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap sebagai sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya dan dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.
  5. Internet Relay Chat (IRC). IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap antara satu pengguna komputer dengan yang lainnya lewat keyboard. Lewat chatting kita dapat menambah teman seantero dunia tanpa mengenal batas wilayah.
  6. File Tranfer Protocol (FTP). FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file dari komputer lain atau internet. FTP sering dugunakan untuk mengambil (download) file disuatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file). File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet. File ini biasanya berupa hasil penelitian, artikel, jurnal dll.
  7. Gopher. Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi atau data-data yang ada diinternet. Namun informasi yang ada hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja.
  8. dll.


SUMBER:      
  • Akbar,Ali, 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 3, Bandung. Penerbit M2S Bandung.
  • Kuswayatno,Lia, et all, 2007. Mahir Berkomputer. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas IX. Penerbit: Grafindo Media Pratama
  • Mashadi, et all, 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Semarang: Aneka Ilmu
  •  Pandia,Henry, 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas IX. Penerbit Erlangga.



3 komentar:

  1. Terlalu banyak memakan sidebar dengan kehadiran foto2 itu, mendingan kamu beri slaid ja kan lebih bagus lagi n menghemat sidebar, bahkan tampilannya sesui dengan pilihan n buat blog tambah betah saja untuk di nikmati...!

    BalasHapus
  2. Huruf berjalan alangkah indahnya jika di tarok di bawah header, pindah saja kan masih kelihatan antara header dengan othernya kelihatan rengang tuh, mendingan di pindah huruf berjalanya...!

    Sakse ya...!

    BalasHapus
  3. Makasih atas masukanx ya......
    Insya Allah ntar diutak-atik
    Sukses juga...

    BalasHapus