Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Kamis, 01 Juni 2017

DOGMIT TIDAK ADA MATINYA


Diklat Online Guru Melek IT atau disingkat DOGMIT  merupakan suatu wadah atau tempat pelatihan online bagi guru-guru di Indonesia yang ingin selalu menambah atau mengembangkan kompetensinya, utamanya dalam bidang IT. Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru antara lain: kompetensi pedagogik,  kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Pada kompetensi profesional, guru dituntut untuk menguasai pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan pengembangan bahan ajar secara kreatif.
Dengan ikut bergabung di DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT)  maka  kompetensi profesional seorang guru dapat ditingkatkan. Guru masa kini adalah mereka yang melek IT bukan yang Gaptek (gagap teknologi). Jika seorang guru tidak memiliki kemampuan di bidang IT maka mereka akan tertinggal jauh  bahkan tertatih-tatih dalam melaksanakan tugasnya Karena hampir semua kegiatan guru bersentuhan atau membutuhkan kemampuan di bidang IT. Mulai dari membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, membuat bahan ajar, membuat media ajar, mengevaluasi peserta didik sampai  pengelolaan  nilai  rapor.  Ditambah lagi dengan diberlakukannya kurikulum 13 (K13)  oleh pemerintah dihampir semua sekolah maka tuntutan buat guru untuk menguasai  IT semakin tinggi. Pada K13 mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dihilangkan. Peran guru TIK di dalam kelas dalam mengajarkan TIK dialihkan kesemua guru mata pelajaran.  TIK dijadikan tools dan diaplikasikan ke semua mata pelajaran. Bagaimana mungkin guru mengaplikasikan TIK kedalam mata pelajaran mereka kalau tidak memiliki kemampuan IT?.
Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mengikuti diklat online di DOGMIT adalah waktu pelatihan tidak mengganggu aktivitas kita sebagai seorang guru karena waktu diklat online ditentutan sendiri oleh peserta. Dan yang tidak kalah penting adalah, materi-materi yang diberikan pada Diklat Online Guru Melek IT mengikuti perkembangan jaman dan dapat menunjang tugas kita sebagai guru profesional. Materi-materi yang didapatkan saat mengikuti pelatihan dapat langsung diterapkan oleh guru dalam menjalankan tugasnya setelah selesai mengikuti diklat online.
Selain itu, Trainer DOGMIT yaitu Pak Sukani, memiliki segudang prestasi, antara lain: peringkat 1 Wali Kelas Favorit di SMK Bunda Kandung pada tahun 2010/2011, peringkat 1 dalam Diklat Matematika Berbasis ICT di PPPPTK BMTI Bandung tahun 2010, TIM pembuat Naskah  Soal Tes Kendali Mutu (TKM) Matematika untuk SMK di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan maupun di lingkungan Provinsi DKI Jakarta,  juara lomba menulis di Guru Era Baru (GURARU) pada tahun 2013, terpilih menjadi Guru Seru bulan Juli 2013 di GURARU, Peringkat 1 Guru Berprestasi SMK Bakti Idhata pada tahun 2013, Juara 1 Acer Guru Era Baru (GURARU) Award tahun 2013 tingkat, Nara sumber pembuatan bahan ajar ICT materi Digibook tahun 2013, Narasumber pembuatan bahan ajar ICT materi Animasi Crazy Talk Animator tahun 2013, Narasumber pembuatan E-Learning dengan Edu20 tahun 2013 dan masih banyak lagi prestasi yang dimiliki oleh Pak Sukani yang tidak sempat ditulis di sini.
Dengan latar belakang yang dimiliki oleh Pak Sukani yang merupakan  trainer DOGMIT, membuat diklat online ini lebih terpercaya dari diklat-diklat online lainnya. Sekali ikut diklat online di DOGMIT membuat kita kecantol dan terus ingin ikut..ikut…dan ikut gabung lagi. Pokoknya DOGMIT tidak ada matinya. Ayo teman-teman guru segera bergabung di DOGMIT dengan alamat web  https://trainergurumelekit.wordpress.com/. Mari kita bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi kita dibidang IT untuk mencerdaskan anak bangsa. 
Dibawah ini ada beberapa hasil dari kegiatan Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT)yang pernah saya ikuti:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar