Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Sabtu, 05 November 2016

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU LEWAT DOGMIT

Untuk kesekian kalinya saya ikut bergabung di DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) Indonesia, bersama guru-guru lainnya yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Entah mengapa sejak pertama kali  mengenal DOGMIT dari salah seorang teman  pada tahun 2014 sampai sekarang ada keinginan untuk terus bergabung dan belajar bersama teman-teman guru lainnya di DOGMIT. Kali ini, saya kembali ikut DOGMIT angkatan 13 tahun 2016.
Pada hari pertama Diklat online Guru Melek IT, para guru yang merupakan peserta di DOGMIT disajikan materi tentang tata tertib mengikuti diklat online, panduan diklat online, pengenalan sistem diklat online, tata cara mengikuti diklat online serta uji coba pretes dan postes untuk mengetahui kemampuan awal dari peserta yang ikut DOGMIT. Kemudian hari kedua peserta DOGMIT diberi tugas membuat rencana diklat untuk digunakan sebagai petunjuk atau waktu untuk mengikuti diklat karena pada diklat ini para peserta diberi kewenangan untuk menentukan sendiri jadwal sesuai waktu lowong yang mereka miliki dan disimpan di tempat penyimpanan online (Google drive).  Kemudian membuat karya tulis dalam bentuk artikel yang di tulis di blog pribadi atau di tulis di Kompasiana.  Pada hari ketiga  dan selanjutnya sampai hari kesembilan, sudah masuk ke materi inti dari diklat online yang diikuti. Hari kesepuluh diadakan refleksi dan evaluasi serta postest untuk mengetahui kemampuan peserta diklat setelah beberapa hari belajar dengan berbagai macam materi yang telah diberikan oleh mentor.
Materi-materi yang didapatkan  di DOGMIT sangat membantu peran guru dalam meningkatkan kompetensinya, terlebih bagi mereka yang gagap teknologi. Dengan mengikuti pelatihan di DOGMIT dapat membuat guru yang tadinya gagap teknologi menjadi guru yang melek teknologi. Guru jaman sekarang akan tertinggal jauh jika tidak menguasai teknologi karena hampir semua tugas guru, mulai dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,  pembuatan media interaktif, evaluasi belajar siswa sampai pengolahan nilai selalu  bersentuhan dengan teknologi. Guru yang tadinya malas menulis, dengan mengikuti diklat online di DOGMIT, mereka mulai pandai menulis dan menuangkan hasil pemikirannya dalam bentuk artikel. Guru yang tadinya menggunakan media/bahan ajar yang dapat didownload di internet, setelah ikut pelatihan mereka mampu membuat sendiri bahan ajar interaktif sehingga siswa lebih tertarik dan berminat dalam mengikuti pembelajaran. Guru yang tadinya sulit dalam melakukan penilaian sikap terhadap siswa dan harus bergelut dengan berlembar-lembar  kertas penilain, setelah mengikuti pelatihan online di DOGMIT mereka dengan mudahnya memberi penilaian terhadap siswa.
Selain mendapatkan materi-materi yang menarik dan penting buat peningkatan kompetensi guru, di DOGMIT kita juga dapat menambah teman  yang terdiri dari guru-guru yang ada di Indonesia. Walau lewat dunia maya, kita dapat menjalin silaturahmi serta berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sesama guru yang menjadi peserta DOGMIT di sebuah forum yang telah disiapkan. Jika ada kendala atau ada materi yang kurang dipahami kita dapat berdiskusi baik antara peserta dengan mentor, maupun antara peserta yang satu dengan peserta yang lainnya. Dengan sendirinya ada rasa persaudaraan diantara peserta DOGMIT.
Begitu banyak manfaat yang didapatkan selama mengikuti pelatihan online di DOGMIT membuat saya kepincut dan sulit lepas dari DOGMIT. Ada rasa kehilangan atau merasa rugi jika tidak ikut belajar di DOGMIT. Terlebih lagi materi yang di sajikan oleh Pak Sukani yang merupakan founder training guru melek IT, dikemas sedemikian rupa sehingga peserta diklat online lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan.

Demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, seharusnyalah guru-guru terus dan terus belajar dan berkarya. Jangan ada kata “ah...sudah cukup saya belajarnya, biarlah yang muda-muda saja yang belajar”. Bukankah pengetahuan dan teknologi dari hari ke hari terus berkembang? Kalau guru tidak mengupgrade ilmunya, apa jadinya?. Nah....Solusi untuk para guru yang ingin mengupgrade ilmunya dapat mengikuti diklat online di DOGMIT  dengan alamat web https://trainergurumelekit.wordpress.com
Ayo teman-teman guru, mari bersama-sama saling bahu membahu meningkatkan pendidikan di negara kita tercinta ini. 

2 komentar:

  1. Terus belajar, berkarya dan berprestasi Bu Maesuri

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak pak Tri Goesema Putra, sukses selalu dalam berkarya...

    BalasHapus