Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Selasa, 17 November 2009

PERAN GURU SEBAGAI PEMIMPIN

Dalam proses belajar mengajar guru bertindak sebagai pemimpin. Mereka memimpin sejumlah siswa dalam kelasnya. Sebagai seorang pemimpin, guru berperan:

1. Memotivasi siswanya untuk belajar.
2. Mengarahkan tujuan belajarnya.
3. Melatih keterampilan belajar.
4. Menunjukkan materi yang perlu dipelajari.
5. Mengevaluasi proses dan hasil belajar siswanya
Sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran guru membimbing, memberi pengarahan, mempengaruhi perasaan dan perilaku, serta menggerakkan anak didiknya untuk bekerja menuju sasaran yang ingin dicapai.
Peran guru sebagai pemimpin antara lain:
1. Mengajar, membantu dan memotivasi siswa untuk selalu menemukan cara memperbaiki dirinya dan dunianya. Siswa yang sudah mengalami pendidikan semacam itu akan mampu bertahan hidup dan menyesuaikan diri dalam lingkungan yang terus berubah seperti dalam abad 21 nanti.
2. Siswa bermutu tidak hanya senang membantu siswa yang cerdas, tetapi juga dengan siswa yang memerlukan waktu lebih lama untuk mempelajari sesuatu fakta atau konsep.
3. Guru bermutu menciptakan iklim kelas yang kondusif bagi keberhasilan belajar semua siswa. Dia selalu mendorong siswa untuk mengembangkan daya intelektual dan daya emosinya guna mencapai pengetahuan yang superior dan kemampuan memecahkan masalah.
4. Guru bermutu memusatkan perhatiannya pada kepentingan siswa dan menumbuhkan perasaan selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar.
5. Guru bermutu selalu melakukan persiapan lebih baik, bersikap lebih fleksibel, dan selalu mempertanyakan segala sesuatu.
6. Guru bermutu mengharap dan berusaha agar dirinya menjadi orang yang cemerlang, dan mengharapkan siswanya juga demikian.
7. Guru bermutu selalu berusaha memberdayakan siswanya dan memperluas pengetahuannya, hingga siswa merasa memiliki daya dalam menghadapi berbagai situasi.
8. Menerapkan ataupun Perbaikan yang Berkelanjutan berarti perubahan (yang berkesinambungan) pada diri siswa dan pada diri guru sendiri.
9. Guru bermutu berperan membuat kelasnya menjadi suatu tim untuk memecahkan berbagai persoalan. Jadi tanggung jawab kelas pada semua orang, bukan hanya pada guru.
SYARAT-SYARAT GURU SEBAGAI PEMIMPIN
1. Memiliki visi à Pandangan ke masa depan.
2. Berkemampuan bekerja keras.
3. Tekun dan tabah, tak mudah putus asa.
4. Memiliki disiplin
5. Memiliki sikap kepelayanan :
– Care (Kepedulian)
– Courtesy (Sopan, Berbudi)
– Concern (Perhatian yang besar)
– Friendliness (Sikap bersahabat)
– Helpfulness (Sedia membantu)

(Materi ini didapatkan sewaktu ikut workshop MGMP Block Grand di Hotel Sarlim Watampone)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar