Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Selasa, 17 November 2009

GURU YANG BERMUTU

Guru adalah seorang pengajar dan juga berperan sebagai pendidik. Untuk menjadi seorang guru yang bermutu harus memenuhi kriteria berikut:

1. Memahami dan mengutarakan kepada siswanya makna suatu kelas sebagai sistem : menjelaskan tujuan-tujuan sistem, dan pentingnya kerja kelompok untuk mencapai tujuan.
2. Membantu siswa memandang diri mereka sendiri sebagai komponen dalam suatu sistem kelas: untuk membangun kerjasama ke arah optimasi usaha-usaha untuk mencapai tujuan bersama dan tujuan siswa.
3. Mengerti bahwa siswa berbeda satu dengan lainnya : berusaha menciptakan minat, tantangan, dan kegembiraan bagi setiap orang dalam proses belajar. Berusaha mengoptimasikan latar belakang keluarga, pendidikan, pengalaman, keterampilan, harapan, dan kemampuan setiap siswa. Bukan meranking siswa, melainkan mengakui adanya perbedaan-perbedaan, dan berusaha menempatkan setiap orang pada posisi siap berkembang. Berikan perhatian khusus pada siswa yang memerlukan.
4. Belajar tanpa henti. Mendorong siswa agar belajar dengan keteladanan. Lembagakan sistem pendidikan dan pelatihan untuk selalu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Mendorong adanya pendidikan berkelanjutan.
5. Memberi arahan (coach) dan nasihat, bukan menghakimi. Tugas utama guru adalah mengembangkan kemampuan siswa, menilai hanyalah salah satu cara untuk melihat efektivitas pembelajaran.
6. Memahami adanya kebekuan dalam belajar. Setiap orang dalam proses belajarnya bisa mengalami “kebekuan”. Dalam keadaan itu siswa tidak dapat lagi mempelajari sesuatu yang baru. Pemberian pengetahuan dan ketrampilan baru akan membuat perhatiannya terbelokkan ke arah lain. Untuk bisa belajar lagi kebekuan itu harus dicairkan dengan memberi variasi pembelajaran.
7. Mengetahui bahwa guru mempunyai tiga sumber keku-atan : otoritas jabatan; pengetahuan; dan kepribadian, daya persuasi, serta ketaktisan. Para guru sering mengembangkan dan menggunakan yang kedua dan yang ketiga, tapi jarang mengandalkan yang pertama. Namun demikian guru mengemban kewajiban menggunakan otoritas jabatan untuk mengubah proses -- materi pelajaran, peralatan, bahan-bahan, metode-metode -- untuk mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran.
8. Mempelajari hasil-hasil pembelajaran dengan tujuan mening-katkan kinerjanya sebagai pengelola siswa. Hasil belajar siswa adalah indikator yang sahih dari kinerja guru
9. Berusaha menemukan siswa, kalau ada, di dalam kelas yang membutuhkan bantuan khusus. Adanya individu-individu yang menghadapi hambatan sehingga gagal dalam melaksanakan tugas belajarnya. Bantuan khusus mungkin dalam bentuk pengaturan belajar yang baru.
10. Menumbuhkan kepercayaan-diri siswa. Guru menciptakan situasi yang mendorong kebebasan dan inovasi dalam belajar.
11. Tidak mengharapkan kesempurnaan. Kesempurnaan adalah ideal, tetapi tidak banyak orang yang bisa mencapainya. Jangan terlalu memaksa msiswa dan diri sendiri untuk mencapai kesempurnaan.
12. Mendengarkan dan belajar dari siswa tanpa menjatuhkan palu hakim padanya. guru bisa banyak belajar dengan mendengar siswa untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru
13. Melakukan percakapan informal, spontan, santai dengan setiap siswa setidak-tidaknya sekali dalam setiap semester, bukan untuk menghakimi, melainkan hanya untuk mendengarkannya. Tujuannya adalah untuk mengembangkan pemahaman mengenai siswa, tujuan-tujuan mereka, harapan-harapan serta kekhawatiran-kekhawatiran mereka.
14. Memahami keuntungan-keuntungan kerja sama dan kerugian-kerugian dari persaingan antara siswa-siswa dan antara guru-guru. Kerjasama antar orang selalu menghasilkan efek sinergis (yang lebih besar), dan persaingan selalu ada mendatangkan kerugian (pada salah satu pihak).
(Materi ini didapatkan sewaktu ikut workshop MGMP Block Grand di Hotel Sarlim Watampone)

2 komentar:

  1. Sore buk guru, kenapa judul sidebarnya berubah semuanya menjadi Accountiaactive...???

    Trus kalau bisa tlisanya di jarangin dikit biar rapi buk...???

    Sakses ya...???

    BalasHapus
  2. sidebarnya ada kesalahan teknis n makasih tuk masukannya. moga sukses juga ....

    BalasHapus