Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Sabtu, 02 Juni 2018

BELAJAR DENGAN APLIKASI PREZI, QUIZ CREATOR DAN FLIPBOOK DI E-TRAINING GURU MELEK IT (DOGMIT)


Setiap  ke Toko buku, selain melihat-lihat buku-buku yang terpajang manis dan rapih di rak-rak  saya juga sering mengunjungi tempat DVD-DVD pembelajaran  interaktif dipajang. Ada ketertarikan tersendiri melihat materi pembelajaran interaktif dalam bentuk video tersebut. Wah…ini sangat bagus digunakan di kelas. Tentunya peserta didik lebih bergairah dan bersemangat  mengikuti proses pembelajaran kalau di putarkan video seperti  ini.  Bermula dari sini,  timbul keinginan untuk membuat sendiri materi ajar interaktif dalam bentuk video. Tapi mau belajar dimana?.  Di tempat atau lingkungan saya tinggal untuk menemukan toko buku saja sulit, apalagi untuk menemukan tempat kursus untuk guru-guru?
Pucuk dicinta ulampun tiba. Pada tahun 2014 tanpa sengaja saya mendapatkan  informasi dari salah satu teman di media sosial Facebook mengenai  kursus online untuk guru-guru di Indonesia. Melalui informasi tersebut  saya mulai mendaftar dan bergabung sebagai peserta di DOGMIT (Diklat Online Guru  Melek IT). Materi yang saya dapatkan  waktu itu membuat bahan ajar menggunakan 3D-PageFlip for Power Point, membuat soal dengan schoolhouse Test, membuat peta pikiran dengan Mind Map, serta pengenalan singkat tentang internet.  Pelatihan online ini dilaksanakan selama 12 hari.  Nah, sejak saat itu saya terus ikut dan bergabung bersama teman-teman guru di Indonesia untuk mengupgrade ilmu yang dimiliki. Dari tahun ke tahun materi yang diberikan berbeda dan beragam serta menarik untuk diaplikasikan  di  kelas.
Kali ini DOGMIT membuka kelas baru tentang membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Prezi dan Flipbook serta membuat kuis dengan Quiz Creator yang berlangsung selama 10 hari. Dengan senang hati saya mendaftar untuk gabung  dikelas angkatan 1.  Siapa sih yang tidak tertarik untuk dapat membuat media pembelajaran yang keren seperti pada video yang ditampilkan oleh Pak Sukani di group Komunitas Guru Era Digital (KGED) Indonesia  di sosial media facebook (Lihat video di atas). 
Entah mengapa setiap  melihat media pembelajaran atau kuis interaktif  yang keren dan menarik saya berkeingin untuk bisa menguasainya. Orang lain bisa membuat yang seperti itu, masa sih saya tidak bisa?.  Itu yang selalu ada di hati saya. Ada keinginan untuk selalu dan selalu meningkatkan kemampuan apalagi jika yang berhubungan dengan IT.   Kreativitas dan inovasi yang dikemas dengan menarik oleh Pak Sukani inilah yang  membuat saya selalu ingin bergabung untuk belajar di DOGMIT.
Ayo teman-teman guru yang hebat dan profesional, mari bersama-sama meningkatkan dan mengupgrade ilmu  kita sebagai pengajar dan pendidik  agar mampu mencerdaskan anak bangsa. Mari menciptakan kelas yang menyenangkan untuk peserta didik agar mereka tidak jenuh bahkan merasa betah dan ingin berlama-lama berada di dalam kelas.

Salam DOGMIT…
ST. Maesuri
Peserta DOGMIT Batch 1 2018 
(Prezi, quiz Creator dan Flipbook)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar