Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Senin, 04 Oktober 2010

MAKANAN DAN FUNGSINYA

A. MAKANAN DAN FUNGSINYA
Makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Melalui makanan manusia dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan garam mineral.

Secara umum makanan mempunyai fungsi sebagai sumber energi, pembangun tubuh, pengatur dan pelindung tubuh.
 Sumber energi  karbohidrat, lemak.
 Pembangun tubuh  protein
 Pengatur dan pelindung tubuh  vitamin, mineral.
1. KARBOHIDRAT
Karbohidrat dalam tubuh manusia digunakan sebagai sumber energi, cadangan tenaga baru dan memberi. Korbohidrat terdapat pada beras, jagung, gandum, kentang, ubi-ubian, buah-buahan dan madu. Setiap 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan energi sekitar 4 kilokalori ( 1 kalori = 4,2 joule, maka 1 gram karbohidrat menghasilkan energi 16,8 kilojoule).
Sesuai dengan kekomplekan susunan dan jumlah molekulnya maka karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:
 Monosakarida (karbohidrat yang terdiri atas satu gugusan gula). Contoh glokosa, fruktosa, galaktosa dan mannosa.
 Disakarida (karbohidrat yang terdiri atas dua gugusan gula). Contoh sukrosa, laktosa dan maltosa.
 Polisakarida (karbohidrat yang terdiri atas lebih dari sepuluh gugusan gula). Contoh tepung (amilum), selulosa dan glikogen.
Pada proses pencenrnaan karbohidrat akan diolah menjadi gula sederhana seperti glukosa. Bentuk gula sederhana inilah yang akan diserap oleh tubuh.
2. LEMAK
Lemak berfungsi sebagai cadangan energi dan pelarut vitamin A, D, E, K. Lemak disimpan dalam jaringan dibawah kulit. Setiap 1 gram lemak dapat menghasilkan sekitar 9 kilokalori atau 38 kilo joule.
Lemak merupakan senyawa organik yang tidak larut dalam air tetapi larut dalam zat pelarut organik seperti kloroform, eter dan minyak tanah. Lemak banyak terdapat pada daging, mentega, susu, ikan basah, telur, kacang-kacangan dan alpukat.
Apabila kelebihan karbohidrat maka akan disimpan dalam bentuk lemak dan glukosa. Glukosa disimpan di hati dan otot sedangkan lemak disimpan di perut, ginjal dan di bawah kulit. Dan jika kekurangan karbohidrat menyebabkan badan lemah, kurus, semangat kerja dan belajar menurun, daya tahan terhadap penyakit menurun.
3. PROTEIN
Protein berfungsi sebagai pembangun tubuh dan pengganti sel-sel yang rusak. Protein dapat kita peroleh pada tumbuhan dan hewan. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati, contohnya: padi-padian, kacang-kacangan dan sayuran. Sedangkan protein yang terdapat pada hewan disebut protein hewani, contohnya: daging, susu, ikan telur dan keju.
Selama proses pencernaan, protein akan diubah menjadi pepton dengan bantuan enzim pepsin didalam lambung. Kemudian pepton akan diubah menjadi asam amino dengan bantuan enzim tripsin didalam usus halus. Asam amino inilah yang akan diserap oleh tubuh. Jika kekurangan protein menyebabkan terjadi busung lapar.
4. VITAMIN
Vitamin berfungsi sebagai pengatur kerja alat-alat tubuh agar lancar dan mengatur pertumbuhan organ-organ tubuh.
Berdasarkan jenis pelarutnya vitamin digolongkan menjadi 2 (dua), yaitu:
 Vitamin yang larut dalam air, Vit. B1, B2, B5, B6, B12 dan C.
 Vitamin yang larut dalam lemak, Vit A, D, E, K.
Vitamin yang larut dalam lemak mempunyai sifat dapat disimpan lama sedangkan vitamin yang larut dalam air jika jumlahnya melebihi yang diperlukan oleh tubuh maka kelebihannya akan dibuang keluar tubuh melalui urin. Apabila kekurangan vitamin akan menyebabkan penyakit avitaminosis.
5. GARAM MINERAL
Tubuh memerlukan mineral dalam jumlah yang sedikit dan berfungsi untuk membangun berbagai jaringan. Secara umum mineral berfungsi untuk proses pembekuan darah dan mengatur kepekaan saraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar