Hello Kitty Touching Lip
About Me Comments Pictures

By: ST.Maesuri

TERIMA KASIH BUAT TEMANKU SURYA ACEH DAN TEMAN2 BLOGGER LAINNYA YANG TELAH MEMOTIVASI SEHINGGA BLOG CATATAN SEORANG GURU INI TERCIPTA...

Rabu, 04 November 2009

Meggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya


Memasuki materi Perangkat keras (hardware) pada intranet dan internet pada kelas IX semester satu, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi perangkat keras (hardware)yang digunakan pada intranet dan internet dan mampu menjelaskan kegunaan masing-masing perangkat tersebut. Untuk perangkat keras yang digunakan pada intranet, siswa dibawa ke Laboratorium Multimedia , karena komputer di sini merupakan komputer jaringan LAN. Perangkat yang digunakan, diperlihatkan pada siswa walaupun perangkat yang digunakan agak kurang. Perangkat keras seperti Repeather dan routher tidak ada karena komputer yang dihubungkan di dalam laboratorium ini hanya enam komputer saja, yaitu satu komputer untuk komputer server dan lima komputer untuk komputer client jadi tidak perlu menggunakan perangkat tersebut. Supaya siswa dapat betul-betul mengidentifikasi perangkat keras(hardware) yang digunakan pada intranet dan internet, perangkat keras (hardware) yang tidak ada di sekolah, hanya diperlihatkan lewat gambar saja. Walaupun media yang digunakan masih jauh dari kesempurnaan tapi alhamdulillah siswa sudah dapat menjelaskan masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk intranet dan internet serta menyebutkan masing-masing fungsinya.

Untuk mengakses internet, siswa diajarkan terlebih dahulu cara-cara menginstal modem. Ini dilakukan di kelas masing-masing. Karena sekolah kita belum memiliki LCD proyektor, maka saya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, kemudian masing-masing perwakilan kelompok diajarkan cara menginstal modem yang ada pada laptop yang telah disiapkan. Laptop yang digunakan cuma ada satu saja. Setelah masing-masing perwakilan dari kelompok sudah mampu menginstal modem yang ada di laptop maka satu persatu kelompok dipanggil kedepan untuk mendemonstrasikan cara menginstal modem. Siswa yang berlaku sebagai tutor menjelaskan kepada teman-temannya bagaimana cara menginstal modem dan tetap saya awasi. Karena penginstalan modem tidak memakan waktu yang terlalu lama, maka setiap siswa mencoba/mempraktekkan cara-cara menginstal modem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar